Home » Profil

Profil

Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi akan memasuki tahun ke-12 (dua belas) sejak didirikan pada 16 Juli 2004 dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bawah naungan Universitas Widyatama. Dalam perkembangannya, di tengah persaingan yang semakin tinggi, baik dalam lingkup lokal (nasional), regional, ataupun global (internasional) serta adanya kesepakatan ASEAN Community 2015, maka keberadaan dan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi perlu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing Nation Competitiveness.

Sejak Juni 2014 kurikulum yang diterapkan Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi disesuaikan dengan ketentuan baru KERPPA-IAI yaitu berdasarkan Keputusan Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional Ikatan Akuntan Indonesia Nomor: KEP-04-B/SK/DSAP/IAI/III/2014 Tentang Pemutakhiran Silabus dan Kurikulum Pendidikan Profesi Akuntansi Tahun 2014 dan ditambah muatan lokal sebanyak 6 SKS (3 mata kuliah).

Kurikulum yang diterapkan pada Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Widyatama ditujukan untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang akuntansi yang memiliki ilmu pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam memanifestasikan keahlian yang dimilikinya sesuai dengan perkembangan iptek, serta perkembangan dunia bisnis. Selain itu, mereka harus memiliki sikap mental dan moral yang tinggi baik sebagai pekerja maupun pelaku bisnis.

Tahapan Perkuliahan:

  • Lama studi 1 tahun (2 semester)
  • Beban studi 28 SKS
  • Semester 1 beban studi 15 SKS
  • Semester 2 beban studi 13 SKS
  • Lulusan diberi gelar Akuntan